Lirik Lagu Hymne Guru Versi Terbaru - Download Teks Liriknya

dunialirik.NET-Himne Guru versi terbaru "pembangun insan cendekia" ciptaan Sartono san semua informasi terkait dengan lagu Wajib Nasional ini termuat di halaman ini. Silahkan baca hingga akhir

Lagu karya Sartono ini sangat populer dikalangan pelajar tingkat taman kanak kanak hingga SLTA.

Pasalnya setiap kali kegiatan lepas pisah/wisuda. Lagu yang bernada sedih ini selalu dikumandangkan secara serentak oleh tim paduan suara.

Sehingga tak heran jika masih banyak teman temna kita yang menyebutnya lagu perpisahan sekolah :D


Berikut informasi Lagu Wajib Nasional Hyme Guru
Judul lagu : Himne Guru
Ciptaan : Sartono
Gender : Lagu Nasional Indonesia
Birama : 4/4

Lirik Lagu Hymne Guru Versi Terbaru

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Pembangun insan cendekia

Download liriknya dalam versi gambar teks dibawah ini


Makna/ Arti Lagu Hymne Guru

Lagu inimerupakan sebuah ungkapan rasa terimakasih yang mendalam kepada para guru yang telah berjuang dalam mencerdaskan dan mendidik anak

Pada versi sebelumnya, kalimat "Tanpa Tanda Jasa" diubah menjadi "Pembangun Insan Cendekia"

Hal tersebut menjelsakan bahwa peran guru lebih tinggi, yaitu sebagai orang yang terlibat dalam menctaka anak anak bangsa menjadi manusia yang bermoral dan cerdas

Tentang Sartono pencipta lagu Himne Guru

Sartono lahir di Madiun, Jawa Timur pada tanggal  29 Mei 1936
Dan ia tutup usia juga di kota tersebut pada 1 November 2015 pada umur 79 tahun

Ia adalah seorang mantan guru seni musik yayasan swasta di Kota Madiun, Jawa Timur, yang dikenal dengan prestasinya dalam menciptakan lagu "Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" pada tahun 1980-an.

Sartono tetap hidup sederhana di rumahnya yang berdinding kayu di Jalan Halmahera Nomor 98 Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Ia tinggal bersama istrinya, Damiyati, yang juga pensiunan guru SD setempat dan tidak memiliki keturunan.

Tak memiliki seorang guru musik, tak menyurutkan semangatnya untuk tetap menggeluti dunia seni musik.

Ia secara ortodidak belajar musik. Dan kemudian pada tahun 1978, Sartono menjadi satu-satunya guru seni musik yang bisa membaca not balok di wilayah Madiun.

Karena keterbatasan alat musik yang ia miliki, lagu "Hymne Guru" ia ciptakan dengan bersiul sambil menorehkannya ke dalam catatan kertas.

Sartono memulai kariernya sebagai guru seni musik pada tahun 1978. Ia adalah guru di sebuah yayasan swasta yang mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus, Kota Madiun. Sartono sendiri purnatugas dari sekolah tersebut pada tahun 2002.

Walaupun penghasilannya dari pekerjaannya sebagai guru pas-pasan, kecintaannya pada musik membuat Sartono menciptakan beberapa buah lagu.

Selain lagu "Hymne Guru", Sartono juga menghasilkan delapan buah lagu bertema pendidikan lainnya. Perhatiannya yang demikian serius dalam dunia pendidikan dan pengabdiannya sebagai guru membuahkan penghargaan dari Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo pada saat menciptakan lagu "Hymne Guru"
Lirik Lagu Hymne Guru Versi Terbaru - Download Teks Liriknya